Pages

Kamis, 26 Februari 2015

Manajemen Waktu

Manajemen waktu mu mulai sekarang, karena dengan manajemen waktu yang baik dan benar dapat memberikan dampak positif dalam menjalani kehidupamu sehari-hari. Saat ini kita dituntut untuk serba cepat. Rutinitas, tumpukan pekerjaan, waktu yang terasa sempit, serta lalu lintas yang padat sering kali menjadi pemicu rasa bosan dan juga stres. Akhir pekan yang seharusnya dijadikan untuk istirahat atau rileks dan berkumpul dengan keluarga harus terganggu oleh pekerjaan kantor yang menumpuk juga bisa mengakibatkan stres. Padahal, setiap orang ingin memiliki beban pikiran yang ringan dan sehat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk pandai-pandai mengatur waktu, agar beban pikiran tidak terlalu berat. Waktu sebenarnya adalah kuantitas yang bisa diukur, karena waktu adalah sebuah konsep yang dibuat oleh manusia. Detik, jam, hari, bulan dan tahun adalah kreasi pikiran manusia, Dari kalender sampai jam tangan digital, sebagai alat untuk menghitung dan mengukur waktu adalah kreasi manusia. Sayangnya, saat ini waktu tidak lagi menjadi pelayan, sebaliknya waktu menjadi tuan dan kita sebagai pelayannya. manajemen waktu Dari sinilah, konsep manajemen waktu muncul. Manajemen waktu dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk memprioritaskan, menjadwalkan, dan melaksanakan tanggung jawab demi suatu kepuasan. Waktu menjadi saiah satu sumber daya unjuk kerja. Sumber daya yang mesti dikelola secara efektif dan efisien. Jika kita bisa mengatur waktu dengan baik, maka kita akan terhindar dari yang namanya stres. Berikut adalah tips mengenai manajemen waktu agar kita terhindar dari stres. Pertama, penetapan prioritas. Maksud dari penetapan prioritas adalah menyusun tanggung jawab dan tugas-tugas berdasarkan urutan kepentingan. Sebelum melakukan hal ini, Anda harus membuat suatu daftar terbaru tentang tanggung jawab. Ada ungkapan yang mengatakan, "If you fail to plan, you plan to fail " Apabila Anda menjalani hari Anda tanpa ada gambaran apa yang harus dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya. Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda bertanya "Apa yang harus saya kerjakan sekarang ya?"Penetapan prioritas memberikan peta apa yang ada di hadapan Anda hari itu. Alokasikan sedikit waktu untuk menyusunnya, sehingga Anda bisa mengelompokkan tugas-tugas yang sesuai dan memberikan prioritas serta waktu pengerjaannya.Susunlah rencana di pagi hari atau hari sebelumnya. Anda bisa mulai dari catatan kecil saja atau bahkan menyusunnya di kepala untuk sekedar memberikan sinyal kepada otak mengenai apa yang harus Anda selesaikan hari itu.Gunakan strategi yang cerdas dalam penetapan prioritas. Kapan biasanya Anda merasa energi Anda tinggi, baik mental maupun fisik? Biasanya waktu antara jam 10:00 sampai 12:00 adalah saat dimana saya sedang "on fire." Pada saat itu saya manfaatkan untuk memulai atau menyelesaikan tugas-tugas dengan prioritas tinggi. Waktu yang tersisa biasanya saya gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dengan prioritas lebih rendah. Kedua, penjadwalan. Hal ini berkaitan dengan "alokasi waktu" untuk melaksanakan tanggung jawab yang diprioritaskan. Para pakar manajemen waktu menyarankan metode tiga C dan metode tiga P untuk pembuatan jadwal. Metode tiga C meliputi : Cloks (jam), tugas yang dilakukan pada jam tertentu dalam sehari Calenders (kalender), perkiraan mingguan, bulanan, bahkan tahunan untuk sasaran dan tanggung jawab mendatang Comletion Times (waktu penyelesaian), tanggal dan waktu yang ditentukan untuk memenuhi sasaran dan tenggung jawab. Metode tiga P, yaitu : Planning (perencanaan), menjalankan tugas sesuai jadwal Priorities (prioritas), Advertisement melakukan pemeriksaan secara teratur pada tugas-tugas penting Pacing (kecepatan), kecepatan pelaksanaan tugas. Dalam hal ini yang perlu Anda perhatikan adalah penjadwalan Anda harus fleksibel. Hal ini bertujuan untuk memberi waktu atas gangguan yang mungkin akan terjadi. Jika hal ini tidak dilakukan, tehnik manajemen waktu ini hanya akan membuat stres dan bukan merendahkannya. Ketiga, pelaksanaan. Pelaksanaan paling baik digambarkan sebagai penerapan jadwal yang dibuat ke dalam tindakan. Manusia memerlukan lebih dari sekedar keyakinan untuk bisa beralih dari pembuatan prioritas dan jadwal ke penyelesaian tanggung jawab. Jadwai yang diprioritaskan sama dengan cetakan biru resep masakan yang bila tidak diterapkan tidak akan membuahkan makanan. Keempat, fokus. Seringkali dalam bekerja kita membiarkan diri kita larut dalam beberapa pekerjaan sekaligus, istilahnya multi-tasking. Mungkin Anda mencoba menyenangkan boss Anda dengan mengiyakan semua permintaannya. Tapi tanpa Anda sadari sebenarnya Anda justru membebani diri Anda dengan stres dan belum tentu juga apa yang Anda kerjaan akan berkualitas bagus. Mengerjakan dua hal pada saat bersamaan bukan saja membagi perhatian Anda tetapi juga membuat Anda kurang fokus yang akibatnya butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Fokus dalam bekerja membuat kita lebih produktif dan mengurangi beban stres. Buat skala prioritas apabila Anda harus menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam kurun waktu yang bersamaan. Sekian artikel dengan judul manajemen waktu, baca artikel cerita motivasi kerja lainnya mengenai Mengatur Aktivitas Secara Bijak. Jika kalian suka dengan artikel diatas, mohon untuk menekan tombol like ya, dan jika tidak keberatan mohon untuk dishare juga, agar ilmu ini bisa bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih sebelumnya. - See more at: http://www.checkouthungerok.org/2014/10/manajemen-waktu.html#sthash.zcrbisy4.dpuf

http://www.checkouthungerok.org/http://www.checkouthungerok.org/2014/10/manajemen-waktu.html
Cerita Motivasi
 
 manajemen waktu
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar