Manajemen waktu mu mulai sekarang, karena dengan manajemen waktu yang
baik dan benar dapat memberikan dampak positif dalam menjalani
kehidupamu sehari-hari. Saat ini kita dituntut untuk serba cepat.
Rutinitas, tumpukan pekerjaan, waktu yang terasa sempit, serta lalu
lintas yang padat sering kali menjadi pemicu rasa bosan dan juga stres.
Akhir pekan yang seharusnya dijadikan untuk istirahat atau rileks dan
berkumpul dengan keluarga harus terganggu oleh pekerjaan kantor yang
menumpuk juga bisa mengakibatkan stres.
Padahal, setiap orang ingin memiliki beban pikiran yang ringan dan
sehat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk pandai-pandai mengatur
waktu, agar beban pikiran tidak terlalu berat. Waktu sebenarnya adalah
kuantitas yang bisa diukur, karena waktu adalah sebuah konsep yang
dibuat oleh manusia. Detik, jam, hari, bulan dan tahun adalah kreasi
pikiran manusia,
Dari kalender sampai jam tangan digital, sebagai alat untuk menghitung
dan mengukur waktu adalah kreasi manusia. Sayangnya, saat ini waktu
tidak lagi menjadi pelayan, sebaliknya waktu menjadi tuan dan kita
sebagai pelayannya.
manajemen waktu
Dari sinilah, konsep manajemen waktu muncul. Manajemen waktu dapat
didefinisikan sebagai kemampuan untuk memprioritaskan, menjadwalkan, dan
melaksanakan tanggung jawab demi suatu kepuasan. Waktu menjadi saiah
satu sumber daya unjuk kerja. Sumber daya yang mesti dikelola secara
efektif dan efisien. Jika kita bisa mengatur waktu dengan baik, maka
kita akan terhindar dari yang namanya stres. Berikut adalah tips
mengenai manajemen waktu agar kita terhindar dari stres.
Pertama, penetapan prioritas. Maksud dari penetapan prioritas adalah
menyusun tanggung jawab dan tugas-tugas berdasarkan urutan kepentingan.
Sebelum melakukan hal ini, Anda harus membuat suatu daftar terbaru
tentang tanggung jawab. Ada ungkapan yang mengatakan, "If you fail to
plan, you plan to fail " Apabila Anda menjalani hari Anda tanpa ada
gambaran apa yang harus dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya.
Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda bertanya "Apa yang
harus saya kerjakan sekarang ya?"Penetapan prioritas memberikan peta apa
yang ada di hadapan Anda hari itu. Alokasikan sedikit waktu untuk
menyusunnya, sehingga Anda bisa mengelompokkan tugas-tugas yang sesuai
dan memberikan prioritas serta waktu pengerjaannya.Susunlah rencana di
pagi hari atau hari sebelumnya. Anda bisa mulai dari catatan kecil saja
atau bahkan menyusunnya di kepala untuk sekedar memberikan sinyal kepada
otak mengenai apa yang harus Anda selesaikan hari itu.Gunakan strategi
yang cerdas dalam penetapan prioritas. Kapan biasanya Anda merasa energi
Anda tinggi, baik mental maupun fisik? Biasanya waktu antara jam 10:00
sampai 12:00 adalah saat dimana saya sedang "on fire." Pada saat itu
saya manfaatkan untuk memulai atau menyelesaikan tugas-tugas dengan
prioritas tinggi. Waktu yang tersisa biasanya saya gunakan untuk
menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dengan prioritas lebih rendah.
Kedua, penjadwalan. Hal ini berkaitan dengan "alokasi waktu" untuk
melaksanakan tanggung jawab yang diprioritaskan. Para pakar manajemen
waktu menyarankan metode tiga C dan metode tiga P untuk pembuatan
jadwal.
Metode tiga C meliputi :
Cloks (jam), tugas yang dilakukan pada jam tertentu dalam sehari
Calenders (kalender), perkiraan mingguan, bulanan, bahkan tahunan
untuk sasaran dan tanggung jawab mendatang
Comletion Times (waktu penyelesaian), tanggal dan waktu yang
ditentukan untuk memenuhi sasaran dan tenggung jawab.
Metode tiga P, yaitu :
Planning (perencanaan), menjalankan tugas sesuai jadwal
Priorities (prioritas),
Advertisement
melakukan pemeriksaan secara teratur pada tugas-tugas penting
Pacing (kecepatan), kecepatan pelaksanaan tugas. Dalam hal ini yang
perlu Anda perhatikan adalah penjadwalan Anda harus fleksibel. Hal ini
bertujuan untuk memberi waktu atas gangguan yang mungkin akan terjadi.
Jika hal ini tidak dilakukan, tehnik manajemen waktu ini hanya akan
membuat stres dan bukan merendahkannya.
Ketiga, pelaksanaan. Pelaksanaan paling baik digambarkan sebagai
penerapan jadwal yang dibuat ke dalam tindakan. Manusia memerlukan lebih
dari sekedar keyakinan untuk bisa beralih dari pembuatan prioritas dan
jadwal ke penyelesaian tanggung jawab. Jadwai yang diprioritaskan sama
dengan cetakan biru resep masakan yang bila tidak diterapkan tidak akan
membuahkan makanan.
Keempat, fokus. Seringkali dalam bekerja kita membiarkan diri kita
larut dalam beberapa pekerjaan sekaligus, istilahnya multi-tasking.
Mungkin Anda mencoba menyenangkan boss Anda dengan mengiyakan semua
permintaannya. Tapi tanpa Anda sadari sebenarnya Anda justru membebani
diri Anda dengan stres dan belum tentu juga apa yang Anda kerjaan akan
berkualitas bagus.
Mengerjakan dua hal pada saat bersamaan bukan saja membagi perhatian
Anda tetapi juga membuat Anda kurang fokus yang akibatnya butuh waktu
lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Fokus dalam bekerja
membuat kita lebih produktif dan mengurangi beban stres. Buat skala
prioritas apabila Anda harus menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam
kurun waktu yang bersamaan.
Sekian artikel dengan judul manajemen waktu, baca artikel cerita
motivasi kerja lainnya mengenai Mengatur Aktivitas Secara Bijak. Jika
kalian suka dengan artikel diatas, mohon untuk menekan tombol like ya,
dan jika tidak keberatan mohon untuk dishare juga, agar ilmu ini bisa
bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih sebelumnya.
- See more at:
http://www.checkouthungerok.org/2014/10/manajemen-waktu.html#sthash.zcrbisy4.dpuf
http://www.checkouthungerok.org/http://www.checkouthungerok.org/2014/10/manajemen-waktu.html
Cerita Motivasi
http://www.checkouthungerok.org/http://www.checkouthungerok.org/2014/10/manajemen-waktu.html
Cerita Motivasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar